ACTIVITY DIAGRAM


Definisi activity diagram yaitu :

^ Teknik untuk mendiskrpsikan logika procedural, proses bisnis dan aliran kerja dalam banyak kasus

^ kerja personal (workflow) dan alur data (flowchart)

Simbol Activity Diagram :

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

..:: Activity Diagram Perpustakaan

Activity diagram menggambarkan berbagai alir aktivitas dalam sistem yang sedang dirancang, bagaimana masing-masing alir berawal, decision yang mungkin terjadi, dan bagaimana mereka berakhir. Activity diagram juga dapat menggambarkan proses paralel yang mungkin terjadi pada beberapa eksekusi.

Activity diagram merupakan state diagram khusus, di mana sebagian besar state adalah action dan sebagian besar transisi di-trigger oleh selesainya state sebelumnya (internal processing). Oleh karena itu activity diagram tidak menggambarkan behaviour internal sebuah sistem (dan interaksi antar subsistem) secara eksak, tetapi lebih menggambarkan proses-proses dan jalur-jalur aktivitas dari level atas secara umum. Sebuah aktivitas dapat direalisasikan oleh satu use case atau lebih. Aktivitas menggambarkan proses yang berjalan, sementara use case menggambarkan bagaimana aktor menggunakan sistem untuk melakukan aktivitas. Sama seperti state, standar UML menggunakan segiempat dengan sudut membulat untuk menggambarkan aktivitas. Decision digunakan untuk menggambarkan behaviour pada kondisi tertentu. Untuk mengilustrasikan proses-proses paralel (fork dan join) digunakan titik sinkronisasi yang dapat berupa titik, garis horizontal atau vertikal. Activity diagram dapat dibagi menjadi beberapa object swimlane untuk menggambarkan objek mana yang bertanggung jawab untuk aktivitas tertentu.

  1.  Diagram Pendaftaran
Pada aktifitas diagram diatas yaitu seorang mahasiswa yang ingin meminjam buku di perpustakaan kampus, tetapi mahasiswa tersebut belum mempunyai member atau belum pernah meminjam buku sama sekali dari perpus, olehkarena itu perlu adanya pendaftaran identitas si peminjam. Berikut langkah-langkahnya untuk pendaftaran :

  • Sipeminjam harus input data terlebih dahulu yaitu dengan membuktikan nama, nomor identitas atau NPM dan jurusan fakultas. Pembuktian ini berbentuk dalam BLANKO atau tanda bukti pembayaran uang kuliah pada semester yang bersangkutan.
  • Setelah itu adanya verifikasi yaitu petugas perpus menginpit semua data si peminjam dalam komputer.
  • Setelah menginput, petugas perpus mencetak kartu member sipeminjam,
  • Setelah selesai di cetak kartu member diberikan kepada sipeminjam, jadi jika mau meminjam dan mengembalikan buku pinjaman harus menyertakan kartu member tersebut. Maka sipeminjam boleh meminjam buku tersebut sampai batas waktu yang telah ditentukan oleh perpustakaan. 
2. Diagram pengembalian buku

Pada diagram activity diatas yaitu transaksi dimana sipeminjam mengembalikan buku yang telah dipinjam. Berikut langkah-langkah aktifitasnya :

  • Sipeminjam membawa buku yang telah dipinjam kepada petugas perpus,
    • Setelah itu petugas memeriksa data-data sipeminjam dengan menyerahkan kartu member,
    • Petugas juga mengecek buku tersebut apakah benar buku tersebut yang telah dipinjam, jika ya maka si petugas menghitung masa waktu pengembalian buku tersebut. Jika melewati tanggal pengembalian buku yang telah ditetapkan petugas maka sipeminjam wajib membayar denda. Jika tidak maka sipeminjam tidak dikenakan denda. Setelah itu petugas juga memeriksa kondisi buku. Setelah selesai membayar denda, maka petugas wajib memeriksa validasi data sipeminjam atau mengupdatenya bahwa sipeminjam sudah mengembalikan buku tersebut.

    3. Activity Diagram Pemesanan Tiket Online

     Secara umum, sistem akan dibangun untuk mengefisienkan sistem pemesanan tiket yang sudah ada. Sistem dirancang agar nantinya pengguna dapat melakukan pemesanan tiket melalui device mobile kepunyaannya. Selain melakukan pemesanan, pengguna juga dapat melihat informasi-informasi yang berkaitan tentang pertunjukan yang sedang ada. Keseluruhan model sistem yang ada. Berdasarkan model konseptual yang telah dibangun, dapat dirancang suatu proses bisnis baru untuk mencapai tujuan dari solusi. Pada diagram activity pemesanan tiket online Langkah-langkanya yaitu mula-mula user atau calon pemesan tiket mencari website tiket yang ingin dipesan contohnya yaitu tiket Garuda, setelah user melihat tampilan webnya maka user memilih antara menginput atau melihat information kota tujuannya terlebih dahulu, jika mau input maka harus menginput tujuan, tanggal keberangkatan, untuk mengetahui harga yang ada. Setelah user sudah menginput semuanya, maka akan ada review total harga, nomor penerbangan pesawatnya,setelah user menentukan travel class biasanya ada class ekonomi.  Setelah mengetahi harganya, user bisa keluar atau cencel tiket atau bisa login yaitu memesan tiket, yang terdiri dari biodata si calon pemesan. Setelah user mengisi data maka otomatis pembayaran atau purchase pemesan tiket telah disetujui dengan pembayaran billing kartu kredit. Setelah pembayaran user berhak mendapatkan reservation yaitu bukti tiket yang sudah dipesan online yaitu jika pembayaran ok maka tiket pun juga ok.  :)

     

     

     

     

     

     

About these ads

4 gagasan untuk “ACTIVITY DIAGRAM

  1. min
    aku masih bingung perbedaan antara decision sama transition(fork),,ada yang bilang transition(fork) itu dilakukan saat kondisi bersamaan, tp ada yang bilang juga boleh beda kondisi..
    gimana ntu min..
    thansk min… :D

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s